Jumat, 27 November 2009

Tugas Mata Kuliah Kepustakaan Kimia " Kamus Kimia, Kamus Bahasa Inggris, dan Ensiklopedia Kimia"

1. Nama Kamus : Oxford Kamus Kimia Lengkap

SUBYEK KETERANGAN
Acid, asam Jenis senyawa yang mengandung Hidrogen dan berdisosiasi dalam air menghasilkan ion hidrogen positif. Untuk suatu asam HX,reaksi biasanya ditulis :
HX + H2O  H3O+ + X-

Actinometer, aktinometer Berbagai peralatan untuk mengukur intensitas radiasi elektromagnetik aktinometer mutakhir menggunakan efek fotolistrik, tetapi peralatan yang terdahulu tergantung pada fluoresensi yang dihasilkan oleh radiasi pada suatu layar, atau pada banyaknya perubahan kimia yang diimbas dalam beberapa zat tertentu .

Alkali, Alkali: Basa yang larut dalam air menghasilkan ion hidroksida.
Alkalimetry,alkalimetri Analisis volumetrik menggunakan larutan baku basa untuk menentukan jumlah asam yang ada..

Burette, buret :Tabung kaca bertanda ukuran dengan sebuah cerat pada ujungnya untuk mengeluarkan cairan dengan volume tertentu (misalnya dalam titrasi).

Carbonize, Karbonasi: Mengubah senyawa organik menjadi karbon melalui pemanasan, atau menyalut sesuatu dengan karbon melalui cara ini.
Cation, kation: Ion bermuatan positif, yaitu ion yang tertarik ke katoda selama elektrolisis.

Electron, elektron: Partikel dasar dengan massa 9,1093897 (54)X10-31 Kg dengan muatan negatif sebesar 1,60217733 (49) X 10-19 Elektron ada dalam semua atom, mengelompok dalam kulit yang mengelilingi inti ; bila elektron lepas dari atomnya ia disebut elekron bebas. Lawan partikel elektron adalah positron.

Element, Unsur: Zat yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Dalam suatu unsur, semua atomnya mempunyai jumlah proton dan elektron yang sama walaupun jumlah neutron mungkin berbeda. Ada 92 unsur alami.

Ethane, Etana: Gas hidrokarbon tanwarna, mudah terbakar, C2H6 ; t.l 183°C ; t.d -89°C. Merupakan anggota kedua dari deret hidrokarbon

Ion, ion: Atom atau gugus atom yang telah kehilangan satu atau beberapa elektronnya sehingga menjadi bermuatan positif (kation), atau memperoleh satu atau beberapa elektron sehingga bermuatan negatif (anion)

Metalloid (semimetal), metaloid, setengah logam: Sekelompok unsur kimia dengan sifat diantara logam dan nonlogam. Penggolongan ini tidak tegas, tetapi metaloid yang khas ialah boron, silikon, germanium, arsenik, dan telurium. Unsur ini merupakan semi konduktor listrik dan oksidanya bersifat amfoter.

Nitrite: Nitrit Garam atau ester dari garam nitrit ; ion nitrit, NO2-, mempunyai sudut ikatan 115°.

Pipette, Pipet Tabung bertera untuk mengalihkan cairan dengan volume tertentu.
(Sumber : Oxford Kamus Kimia Lengkap. 1990. Editor : John Daintith)




2. Nama kamus : THE CONSISE OXFORD DICTIONARY of CURRENT ENGLISH

SUBYEK KETERANGAN
Acid: 1) Sour ( drops, kind of sweeties), with the essential properties of an acid, 2) A Sour substances (Chem) one of a class of substances that neutralize & are neutralized by alkalis, & are compounded of hydrogen & another element or element,& of which principal types are sour & turn vegetable blues to reds, test.

Actinometer: Instrument for measuring intensity of suns heating rays.

Alkali: Series of compound called basses, including soda, potash, and ammonia ; higly soluable in water, procuding caustic or corrosive solution that neutralize strong acids & turn vegetable yellow born, reds to blue, purples to green.

Alkalimetry: Measurement of strength of alkalies.

Burette: Graduated glass tube for measuring small quantities of liquid.

Carbonize: Convert into carbon ; reduce to charcoal or coke, cover (paper) with carbon for taking copies

Cation: Electropositive element evolved at cathode in electrolysis.

Electron: Indivisible unit of negative electricity and one of the fundamental constituent of matter, normally rotating (in numbers, constant for each element) about the positive nucleus of every atom.

Element: 1) component part, 2) any of the many substances that defy analysis.
Ethane A colourless and odorless gas insoluable in water and burning with a pale flame, ethyl hydride.

Ion: One of the electricity charged particles into which the atoms or molecules of certain chemicals ( esp. salt, acid and basses) are dissociated by solution in water, and which make such a solutin a conductor of electricity, a simmiliarly charged molecule of gas occuring e.g. in air.

Metalloid: Having form or appearance of metal ; element with caracteristics both of methals and nonmetals.

Nitrite: Compound of base or alcohol with nitrous acid.

Pipette: Silinder tube for transfering etc small quantities,.





3. Menurut Ensiklopedia : Encyclopedia of Chemistry 4th Edition

Nama zat kimia, Sifat, Cara pembuatan, dan Kegunaannya.

Sulforous acid (H2SO3): - Berupa cairan tak berwarna. Agen pereduksi yang kuat.
- Dengan melarutkan SO2 dalam H2O. Mereksikan sebuah sulfit atau bisulfit dengan sebuah asam. - Sebagai pemutih dalam industri pembuatan bulu domba, sutra, bulu, kayu, dan produk alam lainnya.
-Diizinkan sebagai pemutih dan untuk pengeringan buah.
-Digunakan sebagai agen esterifikasi

Ethylene (C2H4) :- Gas tidak berwarna. Agak berbau. Sangat sedikit larut dalam H2O.
-Titik didih normal -103,7°C - Diproduksi dengan meretakaan uap ethane atau propane. Selain itu bisa juga diproduksi dari paraffinic atau napthenyc hydrocarbons. - Sebagai persediaan bahan-bahan industrikimia.
- Sebagai bahan dasar untuk membuat Ethylene oksida, ethylbenzene, etil klorida, etihylene diklorida, etil alkohol, polietilena.

Graphite: Bentuk allotropi dari karbon. Dasar pemecahan yang sempurna adlah lembut(kekerasan antara 0,5-1 skala Mohs). Terasa berminyak jika disentuh - Terjadi di alam dan juga diproduksi secara buatan, dihasilkan dengan memanaskan kokas hingga temperatur yang sangat tinggi. Selain itu juga dihasilkan selama produksi besi cor,gips, besi lentr dan beberapa baja mati. - Digunakan dalam industri pensil (sebagai isi pensil). Digunakan untuk memproduksi elektroda dalam elektrolisis, dalam manufaktur digunakan sebagai alat untuk malawan korosi dalam proses kimia

Hydrogen sulfide (H2S): - Gas tidak berwarna dan berbau. Mengandung racun. Dalam larutan yang mengandung logam kuat dapat menmbentuk sulfida logam - Dihasilkan dari hidrolisis asam dari berbagai sulfida dan dengan hidrolisis air dari unsur- unsurnya dalam skala hidrogen yang tinggi.
- Di laboratorium dapat dihasilkan dengan mereaksikan sulfida dengan asam(e.g.HCl) atau dengan memanaskan thiocetamide (CH3C(:S)NH2). -Dalam industri: 1. Dengan mengolah sulfida ditambahkan dengan asam. Persamaan reaksinya: 2NaHS + H2SO42H2S + Na2SO4
2. Mereaksikan belerang dengan basa. Persamaan reaksinya: 4S + 2NaOH + 2H2O 2H2S + Na2S2O3
3. Mereaksikan belerang dan hidrogen secara langsung, S + H2  H2S -Kegunaan dalam industri :
1. Menyiapkan sulfida, seperti sodium sulfida dan sodium hidrosulfida.
2.Memproduksi senyawa- senyawa sulfur organik seperti thiopenes, mercaptans, dan sulfida- sulfida organik
3. Menyiapkan rare-earth phosphors yang digunakan dalam tabung TV berwarna.

Hyposulfurous acid (H2S2O4): - Cairan berwarna kuning, dioksidasi di udara menjadi sulfuric acid. Merupakan agen pereduksi yang sangat kuat, contohnya dengan copper sulfate menghasilkan cuprous hydride (Cu2H2) - Dibuat dengan mereaksikan sodium hyposulfit dengan sebuah asam. - Untuk menghasilkan cuprous hydride (Cu2H2)

Sodium chloride (NaCl): - Berupa padatan putih, berstruktur kristal. Biasanya disebut garam. Larut dalam air, sedikit larut dalam alkohol, tidak larut dalam HCl - Untuk membuat garam murni adalah dengan melarutkan sodium klorida dalam H2O, kemudian dievaporasi untuk menghasilkan produk akhir. - digunakan untuk diets pada manusia dan hewan
Untuk mengontrol jalan yang licin karena es di beebrapa negara
Digunakan dalam bidang pertanian
Sebagai bahan mentah dasar dalam kimia

Oleic acid (CH3(CH2)7CH:CH(CH2)7.COOH): - Berupa cairan tidak berwarna, kadang ditunjukkan sebagai red oil, elaine oil atau asam octadecenoic, senyawa ini tidak larut dalam H2O - Terjadi dari Gliserol trioleat yang terdapat dalam berbagai cairan sayuran dan minyak hewan yang tidak dikeringkan, seperti olive, cottonseed, lard dengan hidrolisis - Reaksi dengan timah oksida menghasilkan timah oleat yanglarut dalam eter.
- Reaksi dengan sodium oleat bisa menghasilkan sabun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar